Minggu, 26 Agustus 2018

Tips Alami Menghentikan Muntah dan Mual

Hentikan Muntah dan Mual: Remedies, Tips, dan Lainnya

    Bernafas dalam
    Makan biskuit
    Akupresur
    Cairan
    Rempah
    Aromaterapi
    Obat-obatan
    Pada bayi
    Periksa ke dokter
    Bawa pulang

Otak Anda, bukan perut Anda, memberi tahu tubuh Anda kapan harus muntah. Muntah sering kali adalah cara tubuh Anda membersihkan substansi yang terkontaminasi. Mungkin juga untuk merasa mual dan tidak muntah. Meskipun dalam beberapa kasus, mual hilang setelah muntah.

Entah itu mabuk, mabuk kendaraan, atau kutu, sebagian besar obat untuk muntah bersifat universal.

Baca terus untuk cara menghentikan muntah dan mual.

1. Cobalah bernafas dalam-dalam

Ambil napas dalam-dalam dengan menghirup udara melalui hidung Anda dan masuk ke paru-paru Anda. Perut Anda harus mengembang saat Anda menarik napas. Buang napas perlahan melalui mulut atau hidung dan kendurkan perut Anda setelah setiap napas. Ulangi ini beberapa kali. Anda dapat menggunakan gambar di bawah ini untuk membantu Anda sendiri.

Penelitian menunjukkan mengambil napas yang dalam dan terkontrol dari diafragma mengaktifkan sistem saraf parasimpatik. Ini membantu menjaga respons biologis yang menyebabkan mabuk kendaraan. Pernapasan dalam juga membantu menenangkan kecemasan yang mungkin terjadi ketika Anda merasa sakit.

2. Makan biskuit tawar

Kerupuk kering seperti biskuit asin adalah obat yang sudah terbukti untuk morning sickness. Diperkirakan mereka membantu menyerap asam perut. Untuk morning sickness, cobalah makan beberapa cracker sekitar 15 menit sebelum turun dari tempat tidur untuk membantu menenangkan perut Anda. Makanan lunak lainnya seperti roti bakar kering atau nasi putih juga baik untuk dimakan saat memulihkan diri dari bug perut.

3. Pergelangan tangan akupresur

Akupresur adalah obat tradisional Cina yang populer. Ini menggunakan tekanan untuk merangsang titik-titik tertentu pada tubuh untuk meredakan gejala. Menerapkan tekanan ke titik tekanan Neiguan (P-6), sebuah titik di sisi telapak tangan lengan dekat pergelangan tangan Anda, dapat membantu meredakan mual dan muntah.

Untuk memijat titik tekanan ini:

1. Letakkan tiga jari di pergelangan tangan.

2. Letakkan jempol Anda di bawah jari telunjuk Anda.

3. Gosok titik ini dengan gerakan melingkar yang kuat selama dua hingga tiga menit.

4. Ulangi pada pergelangan tangan lainnya.
4. Minum lebih banyak cairan

Jika Anda sering muntah, sangat penting untuk minum banyak cairan untuk membantu mencegah dehidrasi, bahkan jika Anda memuntahkan sebagian dari mereka kembali. Segarkan cairan perlahan. Minum terlalu banyak saat perut Anda sakit dapat menyebabkan lebih banyak muntah.

Cairan yang membantu Anda tetap terhidrasi dan dapat meredakan mual adalah:

    ginger ale
    teh mint
    Limun
    air

Anda juga bisa mengisap keripik es agar tetap terhidrasi.

5. Coba jahe, adas, atau cengkeh

Jahe

Cobalah menyeruput secangkir teh jahe hangat saat mual menyerang. Atau perlahan makan sepotong kecil jahe segar atau manisan jahe. Menurut studi tahun 2016, jahe aman dan efektif untuk mencegah dan mengobati mual dan muntah pada wanita hamil dan orang yang menjalani kemoterapi.

Anda juga bisa membuat teh jahe segar dengan menambahkan satu sendok teh jahe segar ke satu cangkir air mendidih. Curam selama 10 menit, dan saring sebelum minum.

Adas

Biji adas dianggap membantu menenangkan saluran pencernaan. Namun studi ilmiah tentang adas untuk muntah masih kurang. Namun, bukti anekdot menunjukkan mungkin layak menghirup secangkir teh adas saat mual berikutnya menyerang.

Untuk membuat teh adas, tambahkan sekitar satu sendok teh biji adas ke dalam satu cangkir air mendidih. Curam selama 10 menit dan saring sebelum minum.

Cengkeh

Cengkeh adalah obat tradisional untuk mual dan muntah yang disebabkan oleh penyakit gerakan. Mereka juga mengandung eugenol, senyawa yang dianggap memiliki kemampuan antibakteri. Untuk membuat teh cengkeh, tambahkan satu cangkir air mendidih ke satu sendok teh atau lebih dari cengkeh. Curam selama sepuluh menit, dan saring sebelum minum.

6. Aromaterapi

Aromaterapi dapat membantu meredakan mual dan muntah, meskipun penelitian dicampur pada efektivitasnya. Menurut sebuah studi 2014, menghirup minyak lemon membantu mengurangi mual dan muntah yang berhubungan dengan kehamilan.

Untuk berlatih aromaterapi, cobalah bernapas dalam-dalam dengan botol minyak esensial terbuka atau tambahkan beberapa tetes ke bola kapas. Anda juga dapat menambahkan minyak ke diffuser ruangan. Jika Anda tidak memiliki minyak lemon, cobalah memotong lemon segar dan menghirup aromanya.

Aroma lain yang dapat meredakan mual adalah:

    Cengkeh
    lavender
    kamomil
    mawar
    permen

7. Obat-obatan untuk menghentikan muntah

Obat over-the-counter (OTC) untuk menghentikan muntah (antiemetics) seperti Pepto-Bismol dan Kaopectate mengandung bismuth subsalicylate. Mereka dapat membantu melindungi lapisan lambung dan mengurangi muntah yang disebabkan oleh keracunan makanan.

Antihistamin bebas (penghambat H1) seperti Dramamine membantu menghentikan muntah yang disebabkan oleh mabuk perjalanan. Mereka bekerja dengan memblokir reseptor histamin H1 yang bertanggung jawab untuk merangsang muntah. Efek samping antihistamin mungkin termasuk mulut kering, penglihatan kabur, dan retensi urin.
Bagaimana menghentikan muntah pada anak-anak

Biarkan anak Anda berbaring miring untuk meminimalkan kemungkinan mereka menghirup muntahan ke saluran udara mereka. Sangat penting untuk memperhatikan dehidrasi pada anak-anak. Dorong mereka untuk minum air (atau menyedot keripik es). Temui dokter jika mereka tidak dapat menurunkan cairan selama delapan jam.

Anda juga dapat menggunakan obat apa pun, seperti kerupuk, pijat, dan asupan cairan untuk membantu muntah. Meskipun Anda mungkin ingin menghindari penggunaan obat atau obat tanpa persetujuan dokter Anda.
Kapan harus ke dokter

Hubungi dokter Anda jika:

    Anda muntah selama lebih dari dua hari.
    Anak Anda muntah selama lebih dari satu hari.
    Muntah datang dan pergi selama lebih dari sebulan.
    Anda kehilangan berat badan.

Dapatkan bantuan medis darurat jika muntah disertai dengan:

    sakit dada
    sakit perut yang parah
    penglihatan kabur
    pusing atau pingsan
    demam tinggi
    leher kaku
    kulit dingin, berkeringat, dan pucat
    sakit kepala parah
    tidak dapat menyimpan makanan atau cairan selama 12 jam

Garis bawah

Pengobatan rumahan mungkin lebih efektif jika Anda memiliki gerakan atau morning sickness. Muntah karena flu perut atau keracunan makanan mungkin memerlukan perawatan medis. Ingatlah untuk minum cukup cairan untuk menghindari dehidrasi. Muntah tidak nyaman, tetapi biasanya sembuh sendiri dalam satu atau dua hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar