Sabtu, 25 Agustus 2018

Minggu terakhir Pil KB

Apakah Minggu Terakhir Pil KB Dibutuhkan?

Bagi kebanyakan wanita, pil KB aman, andal, dan mudah digunakan. Salah satu pertanyaan paling umum adalah apakah perlu mengambil minggu terakhir pil KB dalam paket bulanan Anda.

Jawabannya adalah seberapa baik Anda dapat tetap sesuai jadwal tanpa pil minggu lalu. Ini adalah pil plasebo, dan mereka tidak digunakan untuk mencegah kehamilan. Sebaliknya, pil memungkinkan Anda untuk memiliki periode bulanan Anda sambil tetap di jalur dengan pil harian Anda. Terus membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Dasar-Dasar Kontrol Kelahiran

Pil KB bekerja dengan mencegah ovarium melepaskan sel telur. Biasanya, telur meninggalkan ovarium sebulan sekali. Telur memasuki tuba fallopi selama sekitar 24 jam atau lebih. Jika tidak dibuahi oleh sel sperma, sel telur hancur dan menstruasi dimulai.

Hormon yang ditemukan dalam pil KB mencegah indung telur melepaskan telur. Mereka juga mengentalkan lendir serviks, yang membuatnya lebih sulit bagi sperma untuk mencapai sel telur jika seseorang terlepas. Hormon juga dapat mengencerkan lapisan rahim, yang menyulitkan terjadinya implantasi jika sel telur dibuahi.

Banyak pil KB kombinasi datang dalam kemasan 28-hari. Ada pil aktif tiga minggu yang mengandung hormon atau hormon yang diperlukan untuk mencegah kehamilan. Paket pil minggu lalu biasanya terdiri dari plasebo. Pil plasebo adalah penampung yang dimaksudkan untuk membantu Anda tetap di jalur dengan mengambil satu pil setiap hari sampai bulan berikutnya dimulai.

Idenya adalah bahwa jika Anda tetap terbiasa minum pil setiap hari, Anda akan cenderung lupa ketika harus mengambil yang asli. Placebo juga memungkinkan Anda untuk menstruasi, tetapi biasanya jauh lebih ringan daripada jika Anda tidak menggunakan kontrasepsi oral. Meskipun Anda mengonsumsi pil plasebo, Anda masih terlindung dari kehamilan selama Anda telah mengonsumsi pil aktif sesuai yang ditentukan.

Keuntungan Melewatkan Minggu Terakhir Pil

Beberapa wanita memilih untuk melewatkan plasebo dan terus mengonsumsi pil aktif. Melakukan hal itu mereplikasi siklus pil KB yang diperpanjang atau terus menerus. Ini dapat mengurangi jumlah periode yang Anda miliki atau menghilangkannya sama sekali.

Melewatkan pil plasebo dapat memiliki banyak manfaat. Misalnya, jika Anda cenderung mengalami migrain atau gejala tidak nyaman lainnya saat mengambil plasebo, Anda mungkin menemukan gejala tersebut hilang atau berkurang secara signifikan jika Anda tetap menggunakan pil aktif selama waktu ini.

Juga, jika Anda seorang wanita yang cenderung mengalami periode yang berkepanjangan atau jika Anda memiliki periode lebih sering daripada biasanya, ini dapat membantu Anda mengatur periode Anda dengan lebih baik. Tetap menggunakan pil aktif memungkinkan Anda melewati periode Anda dengan efek samping yang minimal.

Kerugian Melewatkan Pekan Terakhir Pil

Anda mungkin bertanya-tanya apakah itu aman bagi tubuh Anda untuk pergi berminggu-minggu atau berbulan-bulan tanpa periode. Periode Anda hanyalah tubuh yang melepaskan lapisan rahim Anda setelah ovulasi. Jika tidak ada telur yang dilepaskan, tidak ada yang perlu dicukur dan Anda tidak mengalami menstruasi.

Anda mungkin menemukan beberapa jaminan dalam memiliki periode, bahkan yang ringan. Ini dapat membantu Anda mengukur apakah Anda hamil atau tidak. Beberapa wanita mungkin mengatakan bahwa itu juga tampak lebih alami.

Beberapa dokter menyarankan Anda memiliki periode setidaknya sekali setiap tiga bulan. Ada beberapa kontrasepsi oral yang dirancang untuk jadwal itu. Dengan pil KB yang terus menerus, Anda mengambil pil aktif setiap hari selama 12 minggu dan plasebo setiap hari selama minggu ke-13. Anda dapat berharap memiliki periode Anda selama minggu ke-13.

Banyak wanita tidak memiliki masalah kesehatan jika mereka tetap menggunakan pil siklus panjang selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Dokter Anda mungkin memiliki perasaan yang kuat dengan satu atau lain cara pada subjek. Anda harus mendiskusikan masalah menunda menstruasi Anda dan apa pilihan Anda ketika datang ke pil atau jenis lain dari metode pengendalian kelahiran jangka panjang.

Jika Anda melewatkan placebo dan minum pil aktif terus menerus selama berbulan-bulan dan kemudian mengubah metode pengendalian kelahiran Anda untuk alasan apa pun, mungkin diperlukan satu atau dua bulan untuk menyesuaikan tubuh Anda. Jika Anda telah pergi tanpa periode Anda untuk waktu yang lama, mungkin akan lebih sulit untuk memperhatikan jika tidak mendapatkan menstruasi karena Anda hamil.

Efek Samping yang Perlu Dipertimbangkan

Kontrol kelahiran berkelanjutan dapat menyebabkan perdarahan atau bercak ringan di sela-sela periode. Ini sangat umum. Ini biasanya terjadi selama beberapa bulan pertama Anda berada di pil, dan kemudian mungkin tidak akan terjadi lagi.

Kadang-kadang disebut sebagai "perdarahan terobosan." Tidak selalu jelas mengapa terjadi perdarahan terobosan, tetapi mungkin karena rahim Anda menyesuaikan ke lapisan yang lebih tipis, juga dikenal sebagai endometrium.

Anda harus berbicara dengan dokter Anda jika Anda memiliki bercak atau gejala lain yang mengkhawatirkan Anda.

Pilihan Kontrol Persalinan Alternatif

Pil KB bukanlah satu-satunya cara untuk menghentikan menstruasi Anda. Alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) adalah solusi pengendalian kelahiran jangka panjang yang ditoleransi dengan baik oleh banyak wanita. IUD adalah alat berbentuk T yang mungkin atau mungkin tidak diobati dengan progestin.

IUD dapat menipiskan dinding uterus untuk membantu mencegah implantasi dan meningkatkan lendir serviks untuk menjauhkan sperma dari telur. Tergantung pada jenis IUD yang Anda dapatkan, Anda mungkin memperhatikan bahwa aliran bulanan Anda lebih berat atau lebih ringan daripada sebelum implantasi.

Pilihan bebas pil lainnya adalah suntik pengendalian kelahiran, Depo-Provera. Dengan metode ini, Anda menerima satu tembakan hormon setiap tiga bulan sekali. Setelah siklus tiga bulan pertama, Anda mungkin memperhatikan periode yang lebih terang atau Anda mungkin tidak mendapatkan periode.

Anda dapat melewatkan pil plasebo jika Anda meminum pil aktif sesuai resep dan tidak melewatkan hari secara rutin. Namun, pil KB tidak melindungi Anda dari penyakit menular seksual (IMS). Anda harus menggunakan metode penghalang, seperti kondom, untuk melindungi terhadap IMS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar