Minggu, 26 Agustus 2018

Berat Badan dan Kontrol Kelahiran

Berat Badan dan Kontrol Kelahiran: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Penambahan berat badan merupakan keprihatinan umum bagi banyak wanita yang mencari untuk memulai bentuk hormonal pengendalian kelahiran. Cerita dari teman-teman tentang KB yang telah bertambah berat badan mungkin cukup untuk mencegah beberapa wanita mencoba kontrol kelahiran, tetapi seharusnya tidak. Sebagian besar studi menentang teori bahwa pengendalian kelahiran hormonal menyebabkan kenaikan berat badan.

Namun, beberapa wanita melaporkan mendapatkan beberapa kilogram dalam beberapa minggu dan bulan setelah mereka mulai minum pil. Ini sering bersifat sementara dan hasil retensi air, bukan kenaikan berat badan yang sebenarnya. Jika Anda menemukan diri Anda dalam kategori ini, inilah yang harus Anda ketahui.

Dapatkah Kontrol Kelahiran Penyebab Berat Badan?

Dekade yang lalu, kontrasepsi hormonal menggunakan hormon pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada yang kita gunakan saat ini. Memang benar bahwa kadar estrogen yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mengundang retensi cairan atau air. Perubahan dalam pengendalian kelahiran hormonal dan kemajuan dalam kombinasi bentuk pil telah mengatasi masalah ini. Sebagian besar, jika tidak semua, pil tidak memiliki kadar estrogen yang cukup tinggi untuk menyebabkan kenaikan berat badan.

Studi demi penelitian telah meneliti hubungan antara bentuk kontrasepsi hormonal yang paling populer saat ini dan penambahan berat badan. Sebagian besar penelitian ini tidak menemukan bukti yang masuk akal untuk mendukung klaim tersebut. Setiap kenaikan berat badan yang mungkin terjadi pada minggu-minggu atau bulan-bulan pertama setelah memulai kontrol kelahiran biasanya karena retensi air. Ini bukan lemak yang sebenarnya.

Apa Efek Samping Lain dari Kontrol Kelahiran?

Tak lama setelah Anda mulai mengambil kendali kelahiran, Anda mungkin memperhatikan efek samping lain selain retensi air. Efek samping yang umum dari pengendalian kelahiran meliputi:
Mual

Jika dosis kontrol kelahiran Anda terlalu tinggi atau Anda tidak mengambilnya dengan makanan, Anda mungkin mengalami mual segera setelah mengambilnya. Bicarakan dengan dokter Anda tentang cara-cara mengurangi mual. Mereka mungkin termasuk mengambil pil segera setelah makan atau mengurangi dosis obat. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk minum obat sebelum tidur untuk mengurangi rasa mual.

Perubahan Kulit

Biasanya, pengendalian kelahiran dapat secara efektif mengurangi jerawat. Namun, beberapa wanita mungkin mengalami peningkatan jerawat ketika mereka mulai menggunakan alat kontrasepsi. Ini bisa disebabkan oleh perubahan kadar hormon.

Sakit kepala

Peningkatan estrogen dapat memicu sakit kepala. Jika Anda memiliki riwayat migrain, menambahkan estrogen ke sistem Anda dapat meningkatkan frekuensi migrain ini. Pastikan dokter Anda tahu tentang riwayat sakit kepala yang mungkin Anda miliki sebelum Anda mulai mengontrol kelahiran. Jika sakit kepala mulai terjadi lebih sering, tanyakan dokter Anda apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya.

Penyebab Berat Badan

Jika Anda memperhatikan penambahan berat badan dan tidak dapat menemukan alasan, ada beberapa penyebab umum. Ini dapat termasuk:

Perubahan Rutin

Jika Anda baru saja mengubah pekerjaan dan menemukan diri Anda tidak aktif untuk sebagian besar hari Anda, Anda mungkin mulai melihat peningkatan berat badan secara bertahap. Duduk untuk segmen besar hari Anda tidak sehat. Melakukan hal itu dapat menyebabkan penambahan berat badan, di antara efek samping lainnya.

Perubahan dalam Diet

Apakah kamu makan lebih dari biasanya? Peningkatan bertahap dalam asupan kalori Anda dapat menambah inci di sekitar pinggang Anda. Pantau konsumsi kalori harian Anda dengan bantuan pelacak makanan, seperti MyFitnessPal, dan Anda harus dapat mempertahankan berat badan Anda saat ini atau menurunkan berat badan jika itu adalah tujuan Anda.

Perubahan Metabolisme

Tergantung pada usia Anda, metabolisme Anda dapat berkontribusi terhadap perubahan berat badan dan energi. Seiring bertambahnya usia, metabolisme Anda bisa menukik. Tanpa kemampuan pembakaran kalori alami tubuh Anda, Anda mungkin melihat inci dan pound merayap. Minta dokter Anda untuk melakukan tes darah metabolisme untuk melihat apakah Anda memiliki kondisi apa pun yang berkontribusi yang mungkin memengaruhi kemampuan pembakaran kalori tubuh Anda.

Berubah di Gym

Apakah Anda melakukan lebih banyak latihan angkat beban atau otot? Massa otot yang meningkat mungkin menjelaskan peningkatan jumlah. Anda mungkin masih merasakan ukuran yang sama. Jeans Anda akan sama seperti sebelumnya atau lebih baik, tetapi angka yang Anda lihat pada skala dapat naik. Ini karena Anda sedang membangun otot.

Apakah Beberapa Orang Lebih Mungkin untuk Mendapatkan Berat Badan?

Penelitian tidak menunjukkan bahwa kelompok wanita tertentu lebih cenderung mengalami kenaikan berat badan daripada yang lain. Berat badan Anda saat mulai mengonsumsi pil tidak seharusnya memengaruhi risiko Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa anak perempuan di bawah usia 18 tahun yang obesitas tidak berisiko lebih tinggi untuk mendapatkan berat badan saat mengonsumsi pil.

Tingkat estrogen yang sangat tinggi terkadang dapat mempengaruhi nafsu makan dan mengundang retensi air. Jika bentuk kontrasepsi hormonal Anda memiliki estrogen dosis tinggi, Anda mungkin lebih cenderung melihat perubahan pada skala. Jika itu masalahnya, bicarakan dengan dokter Anda tentang mengganti obat sehingga Anda dapat memiliki tingkat estrogen yang lebih rendah.

Cara Mengatasi Masalah Ini

Ingatlah hal-hal ini jika Anda memperhatikan perubahan berat badan atau angka skala yang berfluktuasi sejak Anda memulai pengendalian kelahiran:

Beri waktu

Ada kemungkinan Anda akan mengalami sedikit peningkatan berat badan segera setelah memulai kontrol kelahiran. Ini sering hasil retensi air, bukan lemak yang sebenarnya. Hampir selalu sementara. Diberikan waktu, air ini akan hilang. Berat badan Anda harus kembali normal.

Bergerak Sedikit Lagi

Sering berolahraga dan makan makanan yang sehat dan seimbang akan lebih baik daripada membahayakan dalam jangka panjang. Mengadopsi gaya hidup yang lebih aktif dapat membantu Anda menurunkan beberapa kilogram yang mungkin Anda peroleh setelah memulai pengendalian kelahiran.

Ubah Pil KB

Buat janji untuk berbicara dengan dokter Anda jika Anda khawatir berat badan Anda mungkin terkait dengan pengendalian kelahiran Anda. Semua pil KB berbeda, jadi mungkin dokter Anda dapat menemukan pil yang tidak memengaruhi selera makan atau berat badan Anda.

Memilih Metode Pengendalian Kelahiran yang Tepat untuk Anda

Bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan Anda sebelum Anda menghentikan semua upaya untuk menggunakan bentuk hormonal dari pengendalian kelahiran. Keindahan kontrol kelahiran adalah bahwa wanita memiliki begitu banyak pilihan mulai hari ini.

Kontrol Kelahiran yang Tepat untuk Anda?

Jika Anda tidak menyukai hal pertama yang disarankan dokter Anda, Anda dapat dengan mudah mencoba yang lain. Jika Anda tidak menyukainya, Anda dapat terus mencoba berbagai opsi sampai Anda menemukan sesuatu yang membuat Anda merasa nyaman, tidak menyebabkan efek samping yang mengganggu, dan sesuai dengan gaya hidup Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar